Senin, 28 Desember 2009

resensi buku the secret

Nama : Ayu mawardika
Npm : 16609012
Kelas : 1SAO1


RESENSI BUKU


Judul buku : The Secret
Nama Pengarang : Rhonda Byrne
Penerbit : Pt Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Tebal : 236 halaman
Terbitan : Cetakan I, 2007

Sinopsis
Dari banyak resensi yang saya baca, buku ini mengupas tentang pengembangan diri atau motivasi. Buku yang di-launching pada 2006 setelah film The Secret ditayangkan, langsung dibedah dalam acara Oprah Show asuhan Oprah Winfrey. Di Amerika buku ini menjadi best seller versi New York Times.
Di Amazone sendiri, The Secret menjadi salah satu buku Top Five Best Seller. Sehingga tak heran jika The Secret karya Rhonda Byrne menjadi salah satu buku yang fenomenal seperti buku Rich Dad Poor Dad Karya Robert T. Kiyosaki. Buku ini juga mengupas tentang Rahasia sukses dalam 10 pokok bahasan, antara lain:
1. Pengungkapan rahasia
2. Penyederhanaan rahasia
3. Cara menggunakan rahasia
4. Proses penuh daya
5. Rahasia uang
6. Rahasia relasi
7. Rahasia kesehatan
8. Rahasia dunia
9. Rahasia Anda
10. Rahasia kehidupan
Kesuksesan Rhonda tidak sendirian, Ia mengakui bahwa rahasia sukses yang dituangkan dalam The Secret terinspirasi dari buku pemberian putrinya yang berjudul The Science of Getting Rich karangan Wallace D. Wattles terbitan 1910.
Analisis Unsur Instrinsik
Tema : Pengembangan pribadi atau motivasi.
Setting : -
Alur : -


Sudut Pandang : -
Amanat : -

Analisis Unsur Ekstinsik
Nilai Moral : -
Nilai Budaya : -
Keunggulan buku
mengungkapkan rahasia orang-orang sukses di masa lalu dengan hukum tarik-menarik (the law of attraction). Selain itu, Rhonda juga mampu mengemas pikiran 24 pembicara kelas dunia untuk mengupas hukum tarik-menarik itu secara singkat dan padat. Para pembicara tersebut memiliki latar belakang berbagai disiplin ilmu. Kekuatan Pikiran, kemampuan melihat segi positif dari setiap kejadian dan prinsip menggerakkan alam bawah sadar kita ke arah yang kita impikan untuk menarik alam sadar ke arah yang sama pula. Yang menjadi menarik adalah kelihaian Rhonda menyederhanakan prinsip berpikir positif menjadi mudah dipahami dan tidak terlalu menggurui.
Kelemahan Buku
-
Kesimpulan
Pembaca buku The Secret merasa tidak perlu bawa-bawa nama Tuhan tentu tidak akan menjadi masalah, tetapi bagaimana dengan kita di Indonesia yang katanya masyarkatnya beragama ?

Pendapat saya pribadi adalah , jika setelah Anda membaca buku ini , khususnya bagi yang merasa "agama-nya kuat" apakah lebih menjadikan Anda dekat dengan Tuhan Anda ? ataukah sebaliknya ? Jika sebaliknya segera tinggalkan buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar